Bagaimana Anda Tahu Anda telah di Hack?
Kemungkinan Anda telah di hack jika:- Teman dan keluarga akan mendapatkan email atau pesan yang Anda tidak mengirim.
- Folder pesan terkirim Anda memiliki pesan yang Anda tidak mengirim, atau telah dikosongkan.
- Akun media sosial Anda memiliki posting yang tidak Anda lakukan
- Anda tidak dapat login ke account email atau media sosial Anda.
Dalam kasus email dengan link acak, mungkin alamat email Anda adalah "palsu", atau dipalsukan, dan hacker tidak benar-benar memiliki akses ke akun Anda. Tapi Anda harus mengambil tindakan dalam kasus ini.
Apa yang Harus Dilakukan Ketika Anda telah di Hack?
1. Mengupdate sistem Anda dan menghapus malware
Pastikan perangkat lunak keamanan Anda up-to-date
Jika Anda tidak memiliki perangkat lunak keamanan (Antivirus), cobalah menginstallnya. Tapi instal perangkat lunak keamanan yang berkualitas dari perusahaan terkenal. Kemudian, jalankan untuk memindai komputer Anda untuk virus dan spyware (malware). Menghapus perangkat lunak mencurigakan dan restart komputer Anda.
Mengatur perangkat lunak keamanan, browser internet, dan sistem operasi (seperti Windows atau Mac OS) untuk update secara otomatis.
Pengembang perangkat lunak sering merilis update untuk menambal kerentanan keamanan. Menjaga software keamanan Anda, browser internet Anda, dan sistem operasi Anda up-to-date untuk membantu komputer Anda mengimbangi serangan hack terbaru.
2. Ubah password Anda
Itu JIKA Anda bisa login ke akun email atau sosial networking. Seseorang mungkin mendapatkan password lama Anda dan mengubahnya. Jika Anda menggunakan password yang sama untuk account lain, sebaiknya menggantinya juga. Pastikan Anda membuat password yang kuat yang akan sulit ditebak.
3. Periksa rekomendasi penyedia email atau situs jejaring sosial tentang mengembalikan akun Anda
Anda dapat menemukan bantuan dari layanan penyedia email atau jejaring sosial. Jika akun Anda telah diambil alih, Anda mungkin perlu mengisi formulir untuk membuktikan itu benar-benar Anda dan mencoba untuk mendapatkan kembali account Anda.
4. Periksa pengaturan akun Anda
Setelah Anda kembali ke account Anda, pastikan tanda tangan Anda dan pesan yang terkirim tidak mengandung link asing, dan juga pesan tidak diteruskan ke alamat orang lain. Pada layanan jejaring sosial Anda, lihat perubahan ke akun sejak Anda terakhir login.
5. Beritahu teman Anda
Segera email teman-teman Anda bahwa mereka mungkin mendapatkan link berbahaya atau permohonan palsu bantuan, hal ini dapat membantu mereka tidak meng-klik link tersebut atau mengirim uang mereka, dan suruh menginstal antivirus pada komputer mereka. Masukan alamat email teman Anda di baris Bcc untuk menjaga mereka tetap rahasia. Anda juga bisa menyalin dan mengirim artikel ini kepada teman atau kerabat Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar